Senin, 22 Juni 2009

Gongseng n me under story











Gongseng adalah sebuah desa kecil di kecamatan megaluh,kabupaten JOMBANG.Secara geografis desa gongseng,sebelah timur berbatasan dengan sumber sari,sebelah barat dengan kab.nganjuk,sebelah utara berbatasan dengan megaluh dan sebelah selatan berbatasan dengan kedung sari.Akan tetapi desa gongseng terbagi menjadi dua dusun yaitu dusun krandekan dan ngaru rejo.Mengenai letak astronomisnya maaf ya saya belum menemukan resensi,jadi belum bisa aku posting disini.

Desa gongseng merupakan daerah yang sejuk,hamparan sawah,hamparan ladang,dan suasana pedesaan yang menyejukan hati,sungguh aku merindukan kampung kelahiranku,dimana aku dibesarkan,dan menghabiskan waktu bersama keluargaku.sungguh ironi bukan,sudah lama aku tinggalkan kampungku ditanah rantau.

kita tengok sejarah tentang arti gongseng,menurut ahli sejahrawan gongseng merupakan gelang kaki yang dibuat pada tarian remo yang bunyinya gemericing,mungkin yand orang jawa pasti mengenal alat tersebut,tapi ada versi lain yang mengatakan bahwa gongseng menurut pemenggalan kata gong:artinya alat gamelan orang jawa,sedangkan seng:merupakan bahan,kalau digabung artinya gamelan yang terbuat dari bahan seng yang dicampur dengan bahan lain.

Penduduk gongseng sebagaian besar mata pencaharianya adalah seorang
,peternak,mungkin tuhan menciptakan agar penduduk gongseng tidak kekurangan dalam hal pangan.

Ada satu hal yang perlu aku posting disini,di desa ini ada paguyuban semacam koperasi,yang semakin menunjang kehidupan sektor ekonomi mikro,yang bernama "PAGUYUBAN GAMBUH",Ini sangat membantu masyarakat kecil yang butuh pinjaman modal,sebenarnya ada BRI,tapi maklim kan masyarakat masih asing dengan yang dinamakan bang,makanya itu aku pengen membuka wawasan masyarakat betapa pentingnya tekhnologi jaman sekarang.Kalau gak salah pendiri koperasai itu namanya,bpk gatot,soeryadi,nur habib,sujianto,harto,beliau merupakan penggerak pemuda pemudi di desa kami.

sektor pendidikan cukup maju di desa ini,ada dua sekolah dasar.dimana saya dulu sempat mengenyam bangku sekolah dasar selama enam tahun,terutama SDN GONGSENG 1.Untuk Sektor agama cukup memadai,banyak mushola disetiap sudut,sekolah mengaji dan tempat tempat pengajian umum.

Masyarakat sini masih menjunjung nilai adat budaya di tengah tengah islam,meskipun begitu harus tetap dilestarikan biar tidak punah,ditengah budaya asing.disini ada sebuah bangunan angker terlatak di tengah sawah namanya "TEMPLEK",ini tempat dibuat acara kondangan di kala ada acara selamatan,konon angker kata orang orang,akupun belum pernah kesana,aku hanya melintas dan melihat dari jalan.

pernah dengar gak tentang ponari sidukun petir,dia satu kecamatan dengan kampung saya,tidak perlu saya uraikan ya,karena beritanya kan sudah marak dimedia televisi.

berkunjung ke desa ini jangan lupa mampir kewarung nasi pecel ibu kanip,harganya murah,enak.warung ini letaknya dijalan berantas no 17,heller tengah kebarat,nyesel dech kalau gak kesana.wah promossi nich,warung tersebut punya ibu ku.Jangan lupa juga mampir kesungai BERANTAS,sungai ini merupakan sungai kebanggaan orang orang MEGALUH,terutama masyarakat JAWA TIMUR.kita bisa naIk perahu naga di sana...???!!!

sedikit crita tentang desa gongseng,saya minta maaf kalau ada tulisan yang kurang berkenan atau salah dalam blog ini.WASALAM dan terimakasih.

1 komentar:

  1. weh, bagus sekali tapi alangkah lebih meyakinkan, kalau disertai dengan data jumlah penduduk, potensi umum dan karakter budayanya....ok....?

    BalasHapus