Sabtu, 27 Juni 2009

sungai kapuas dan kehidupanya


pulang pisau





































cafe+perahu jukung






















jembatan kapuas+rumah bentang







Sungguh takjub hati ini melihat hamparan sungai yang besar,hutan yang masih alami,jembatan yang membentang begitu megahnya,jarang sekali aku temukan di pulau jawa.Betapa besar kuasa ALLOH SWT menciptakan bumi kalimantan ini begitu indahnya.....


Mungkin sudah menjadi hukum alam bahwa dimana ada sungai maka di situlah ada kehidupan yang menjanjikan,selalu aku amati bawha di setiap pinggir sungai maka banyak sekelompok orang membikin sebuah perkampungan.Secara umum kondisi geografis pulau ini adalah hutan,tanah yang ber gambut...,pulau ini begitu luas,butuh waktu lama untuk memajukan pulau ini.mayoritas penduduknya adalah berkebun,petani dan pedagang.Penduduk aslinya adalah suku dayak,rumah adatnya namanya bentang,semacam rumah panggung yang terbuat dari papan yang dibuat sedemikian artistik.


Sungai kapuas merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat.Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km.
Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat di sepanjang aliran sungai ini. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat. Dan selain itu juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi penangkap ikan. Sosial Budaya masyarakat Sungai Kapuas perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengingat pesatnya kemajuan teknologi dan informasi dapat mempengaruhi pola berpikir masyarakat di sekitar aliran sungai Kapuas.


Bayangkan aku sendiri sulit beradaptasi di sini,mulai mandi,memasak,buang kotoran,wudhu dan semua aktifitas aku lakukan disini,meski demikian tetapi penduduk asli sini cantik cantik,putih putih,ini juga yang termasuk kelebihan dari sungai ini.Mau tidak mau aku harus menyesuaikan di tempat ini,ingat pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

Di sungai ini aku sering melihat anak kecil yang sedang menaiki perahu jukung,sangat mahir mengayun dayung.sungguh aku terpesona..,kadang sesekali aku ingin mencoba tapi kalau tenggelam gimana ya...!!!!lihat dari sekilas foto yang aku posting,sungguh menajubkan bukan,seorang anak kecil menaikiperahu....


Mungkin jika diperbandingkan dengan pulau jawa pulau ini masih sangat tertinggal,tapi aku yakin suatu saat pulau ini akan berkembang pesat,jika SDM nya mau bekerja keras,oh ya...,pulau kalimantan adalah rumahku ke dua,karena aku tinggal dipulau ini......,demikian cerita yang dapat saya tulis di blog ini.


wasalam......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar