Kamis, 25 Juni 2009

JEMBATAN SURA-MADU


























agus+antok










Sekilas tentang Suramadu.
kali ini saya mau menulis tentang jembatan suramadu yang saya ambil dari berbagai sumber:
Jembatan Suramadu, sepanjang 5,438 km yang menurut informasi menghabiskan 450.000 ton beton dan 50.000 ton baja. Memiliki sejarah yang panjang.
Digagas dari ide dan pemikiran Mochamad Noer (M. Noer) saat itu menjabat wakil bupati Bangkalan periode 1950 menangkap perlunya dibangun jembatan, dimana akses satu-satunya pulau Jawa dan Madura dengan menggunakan feri.
Setelah menjadi gubernur Jatim pada 1967, gagasan Noer ditangkap pakar konstruksi penggagas fondasi cakar ayam, Prof Dr Sedyatmo (alm). Namun tidak berkelanjutan.
Kemudian pada 1986 di sampaikan kepada Presiden Soeharto (saat itu). Kemudian dibentuk proyek “Tri Nusa Bima Sakti dan Penyeberangan Utama dengan prioritas menghubungkan Surabaya – Madura.
Empat tahun kemudian diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 55/1990 tentang Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu dengan ketua tim pengarah Menristek B.J. Habibie. Dan M. Noer sebagai koordinator proyek,dan menunjuk PT. Dhipa Madura Pradana sebagai pelaksana proyek Suramadu.
Akibat krisis moneter yang terjadi pada 1997, proyek tersebut dihentikan sesuai keppres 39/1997. Namun setahun kemudian berdasar keppres 8/1998, proyek ini dilanjutkan dan masuk daftar prioritas pembangunan infrastruktur.
20 Agustus 2003 Presiden saat itu Megawati mencanangkan dimulainya pembangunan Suramadu. Dan kini, Presiden SBY 10 Juni 2009 meresmikan penggunaannya. Setelah pembangunan selama sekitar 5 tahun 10 bulan.

akhirnya selesai juga ya...besar harapan saya dengan selesainya pembangunan jembatan ini,semakin meningkatkan ekonomi rakyat khusus nya masyarakat jawa timur.
sebelumnya thanks buat kedua temanku diatas yaitu agusdan antok yang mau mengirim foto di jembatan sura madu,Sebagai resensi saya dalam penulisan blog ini.

Wasalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar